Ujian Saringan Masuk Magister Manajemen Universitas Indonesia

Articles

Ga nyangka rasanya saya berhasil lolos ujian saringan masuk MMUI. Setelah melewati tahap yang melelahkan dan menjemukan, ditambah perasaan yang dibuat tak karuan karena sudah membuat salah satu keputusan besar dalam hidup saya, akhirnya saya terima kabar baik juga. Alhamdulillah. Saya rasa penting untuk membagi pengalaman saya mengikuti tes ini, supaya teman-teman punya sedikit gambaran tentang bagaimana alur tes penerimaan di Magister Manajemen Universitas Indonesia melalui jalur SIMAK.

Tahap pertama calon mahasiswa UI diminta untuk registrasi akun di situs resminya penerimaan.ui.ac.id. Setelah melengkapi form di situs tersebut, kita diwajibkan melunasi biaya registrasi sebesar Rp. 750.000*. Penerimaan Magister Manajemen UI tidak memerlukan sertifikat TOEFL, IELTS, ataupun sertifikasi bahasa lainnya, namun nantinya skill bahasa Inggris kalian akan diuji pada tes tertulis dan wawancara yang dilaksanakan full-English.

Setelah tahap registrasi ini selesai, calon mahasiswa baru akan mendapat kartu ujian yang berisi informasi tentang tahap selanjutnya yaitu tes tertulis.

kartu ujian Saya mendapat jadwal pukul 7 pagi di kampus UI Depok. Ada baiknya sebelum tiba hari H ujian tertulis ini, teman-teman mempersiapkan diri dengan banyak mengerjakan soal-soal TPA. Jangan lupa juga perbanyak berdoa, dan bersedekah. Jaga pola makan dan rutin berolahraga juga penting supaya pada saat ujian kondisi tubuh teman-teman berada pada titik prima. Oh iya, ada satu hal yang tak kalah penting juga, yaitu mengecek lokasi ujian kita. Pastikan teman-teman tahu persisi dimana gedung lokasi ujian teman-teman, kalau perlu cek juga posisi kursi kalian didalam kelasnya, serta hitung perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk menempuh perjalan dari lokasi tempat tinggal teman-teman ke lokasi ujian. Karena aturannya sangat ketat, telat datang kita bisa langsung didiskualifikasi.

Tes Tertulis

Jangan datang tepat waktu ketika ujian. Lebih baik teman-teman datang lebih cepat karena pada hari ujian tertulis jalanan di kompleks UI sangat ramai oleh mobi-mobil para peserta ujian maupun pengantarnya. Ya, sebab semua ujian tertulis dari semua program studi dilaksanakan pada hari yang sama!

TPA terdiri dari tes kemampuan verbal (mencari hubungan antar kata), deret angka, logika wacana, serta soal matematika. Waktu yang disediakan ketika ujian sangat terbatas, dan peserta tidak diperbolehkan memakai alat penunjuk waktu (jam tangan, cellphone, dsb.).

Setelah TPA selesai, peserta diperbolehkan beristirahat sebelum masuk ke tes bagian berikutnya yaitu bahasa Inggris. Soal-soalnya tak beda jauh dengan tes TOEFL hanya saja tanpa tes listening. Cukup kaget juga karena saya pikir apabila nantinya akan ada perkuliahan bahasa Inggris kemampuan listening ini sangat krusial. Menurut saya bagian soal yang paling sulit yaitu pada bagian memahami wacana. Masalahnya artikel yang diberikan benar-benar diluar expertise saya. Di bagian ini kemampuan skimming atau membaca teks dengan cepat akan sangat membantu. Saran saya teman-teman bisa berlatih dengan membaca tulisan bebahasa Inggris seperti berita atau artikel ilmiah (jangan karya fiksi) dengan cepat.

Setelah ujian selesai teman-teman akan dikabari oleh pihak kampus apabila lulus dalam tahap ini paling cepat satu bulan. Iya, kalian ga salah baca. Satu bulan. Paling cepat.

Tes Wawancara

Di tengah kesibukan saya di kantor, saya menerima sebuah SMS yang isinya cukup mengejutkan. IMG_6451

Saya mendapat undangan wawancara, yang berarti… saya lolos ujian tertulis! Yess!! Saya bahagia sekaligus panik, karena waktu yang diberikan untuk melengkapi semua berkas yang diperlukan hanya dua hari. Saya langsung telepon dosen pembimbing S1 saya di Jatinangor pak Sutiono (I love you, pak!) dan alhamdulillah beliau setuju untuk membuatkan saya surat rekomendasi. Atasan saya di kantor pun juga setuju untuk membuatkan surat rekomendasi.

Surat motivasipun saya buat semenarik dan semeyakinkan mungkin. Tips dari saya jangan meminta orang untuk membuatkan surat rekomendasi, karena nanti ketika wawancara kita akan ditanya tentang motivasi kita. Pastinya teman-teman ga mau kan ketika diwawancara bicaranya gelagapan?

Wawancara dilaksanakan dua tahap. Tahap pertama berbahasa Indonesia, pertanyaannya seputar kebiasaan belajar ketika S1, motivasi mengikuti program ini, bagaimana cara agar bisa lulus tepat waktu, dan kelebihan serta kekurangan kalian. Teman-teman disarankan tenang ketika wawancara ini, jangan terlihat panik, jawablah dengan tenang dan meyakinkan tanpa perlu berapi-api, dan jawab dengan jujur. 

Tahap kedua pertanyaannya kurang lebih sama, hanya saja dilakukan dalam bahasa Inggris.

Hari Penentuan

Di tahap ini tak ada yang bisa dilakukan selain berdoa, sedekah, dan pasrah kepada sang maha pemilik takdir. Kalau lolos di tahap ini kalian akan diberikan surat pemberitahuan resmi melalui email seperti ini. surat kelulusan

Semoga informasi yang saya berikan berguna, dan bagi teman-teman yang sedang mengejar impian kuliah S2-nya selamat berjuang!

*Per April 2015. Harga bisa berubah beberapa tahun kedepan.

Advertisements

32 thoughts on “Ujian Saringan Masuk Magister Manajemen Universitas Indonesia

  1. Halo! Terimakasih sudah berbagi pengalamannya, salam kenal sebelumny. Saya mau tanya, kalau S2 MM UI kelas pagi, apakah jadwal kuliah di setiap hari nya pasti ada perkuliahan? Kalau selama 1 tahun kuliah, bagaimana Jadwalnya? Terima kasih banyak..

    Like

    1. Halo, salam kenal Irma. Untuk kelas pagi kuliah wajibnya setiap hari senin-kamis, maksimal per hari dua matkul dari jam 9-15:30, malamnya atau jumat dan sabtu ada kuliah umum dari kalangan profesional/akademisi.

      Like

  2. Halo Mas Ahim..
    Selamat ya udah menjadi bagian dari FEB UI.
    Saya juga mau nerusin ke Magister Manajemen Pemasaran UI mudah2an..

    Saya masih S1 Manajemen di UI.

    Like

  3. Mas Ahim terima kasih atas sharing nya…
    Mas mau tanya, saya juga sudah daftar untuk ujian s2 manajemen ui, tanggal 05 juni nanti ujiannya, saya daftar untuk kelas malam.
    Semisal saya nanti dipanggil wawancana, ada kemungkinan tidak untuk mengajukan perpindahan ke kelas pagi dengan peminatan yang berbeda?

    Like

    1. Hai Ami, sori baru balas
      Saya tidak bisa bilang ya atau tidak, barangkali bisa mba Ami tanya sendiri ke pihak akademiknya karena mereka yang tahu mengenai kuota tiap kelas.

      Like

  4. sada dimas ini gue desy anak mello inget ga? gue ga sengaja liat blogmu. doakan ya sabtu ini gue wawancara di salemba hehe btw surat rekomendasi boleh ga klo tulis tgn?

    Like

    1. Desy yang mana ya?
      Haha iyya masih inget kok
      Kayanya boleh pake tulisan tangan, asal identitas yg ngasih rekomendasinya jelas+tanda tangannya
      Wiihh good luck ya, semoga lancarr

      Like

  5. Mas ahim nanya dong..waktunya mepet banget nih. Kalo surat rekomendasi dari atasan dan rekan sekerja boleh ga ya?? S1 saya udah belasan taun yang lalu. Tks infonya

    Like

  6. Halo mas ahim mau Tanya nih mas, untuk surat yang dikirim email waktu mas itu pas dihari H pengumuman atau dihari lainnya mas?
    Terima kasih mas sebelumnya

    Like

  7. malam mas ahim,
    terima kasih atas infonya, mas mau tanya, ketika mas dinyatakan lulus apakah surat pemberitahuan resmi dari admisi MMUI itu dikirimkan pada hari yang sama ketika hari pengumuman SIMAK UI tersebut?
    thanks

    kind regrads
    azis

    Like

  8. hay ,selamat ya udah keterima di MM UI,doakan juga bisa menyusul ya di tahun 2018..aminn amian…oya kak mau minta contak pribadi kakak boleh,bita mau tanya tanya tentang tes MM UI,Ini email saya kak fitriatsabitawadjdi@gmail.com dan ini no saya 085290846586 .
    di tunggu balasan kontaknya ya kak,terima kasih kak…

    Like

  9. Halo Mas Ahim, salam kenal.

    Saya kemarin dipanggil untuk wawancara minggu untuk kelas khusus magister manajemen, saya mau tanya mas, untuk 2 surat rekomendasi yang diminta, apa harus 1 dari kampus dan 1 dari kantor, atau bisa dua duanya dari kantor?

    Lalu untuk persyaratan minimal 2 tahun kerja, apa itu berarti saya harus kerja di 1 tempat selama 2 tahun, atau bisa saya kerja di beberapa tempat yang beda, tapi dengan total pengalaman 2 tahun (misal saya kerja di 2 perusahaan, masing masing 1 tahun)?

    Terima kasih untuk waktunya.

    Like

    1. Salam kenal juga radityo. Sepertinya bisa tapi untuk lebih jelasnya sebaiknya mengikuti apa yang diminta kampus saja. Pengalaman kerjanya yang dua tahun, jadi kalau berbeda perusahaan seperti itu tidak masalah.
      Good luck radityo.

      Like

  10. halo kak aku mau tanya, untuk MM sendiri apakah ada tes kesehatan? karna pas pendaftaran kan ada yang milih hari untuk tes kesehatannya kak. makasih

    Like

    1. mbak/mas arina, maaf mau tanya kemarin ikut tes simak ui tanggal 21 mei 2017 ya?
      apakah sudah ada pengumuman wawancara?

      Like

  11. Halo mas, mau tanya apakah pembayaran kuliah di MM UI kelas malam bisa di cicil mas? Kalau bisa, untuk cicilan nya sendiri bisa brp kali ya mas ?

    Terima kasih

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s