Tes Carep TEMPO (Bagian 1)

Articles

Carep atau Calon Reporter adalah program yang diselenggarakan oleh Tempo untuk menyaring para calon wartawan di Indonesia. Program ini sudah diselenggarakan Tempo lebih dari sekian tahun dengan berbagai peningkatan kualitas, kebijakan, serta peserta setiap tahun. tercatat pada tahun 2013 jumlah pendaftar adalah 300 orang, sedangkan di tahun 2014 jumlah pendaftar sebanyak 400 orang. Gue termasuk salah satunya.

Tes hari pertama bertempat di UNIKA Atma Jaya, Semanggi, Jakarta. Di tes hari pertama ini jadwalnya adalah psikotes dari jam 9 sampai jam 3. Sebelum sampai di tempat, gue terlebih dahulu janjian sama Jebe, temen gue yang juga ikut mengikuti ujian Carep TEMPO ini. Setelah ngobrol ngalor ngidul sebentar, akhirnya panitia membukakan pintu masuk aula dan kita disuruh memilih tampat duduk masing-masing. Gue sama Jebe milih bagian agak depan biar keliatan muka MC dan tulisan di slidenya.

Photo 25-03-14 08.00.49

Semuanya.. Hadap kiri, gerak!

Di meja tempat duduk gue udah tertempel nomor urut yang akan menjadi nomor urut gue selama proses seleksi carep tempo 2014 ini, dan nomer keberuntungan gue adalah 131. MC akhirnya masuk menyapa para peserta dan ujian pun dimulai.

Ujian tahap pertama adalah Wartegg test. Itu lho, yang ada delapan kotak dan didalam masing-masing kotak udah ada sebuah gambar dan kita disuruh menggambar dengan menggunakan gambar yang sudah ada tersebut sebagai bagian dari gambar kita. Gue bisa melakukannya dan sampailah ke psikotes tahap selanjutnya. Di psikotes tahap kedua dan ketiga ini, tesnya adalah tes menebak bentuk gambar. Kalau ga salah total jumlah soalnya ada 40 soal. Semakin lama soalnya semakin susah dan parahnya waktu yang dikasih sangat terbatas dan tidak diberitahu berapa waktu yang diberikan untuk mengerjakan soal. Ada beberapa dari soal-soal tersebut yang saya “cap-cip-cup” mengerjakannya karena sudah kehabisa waktu. Jadi ketika MC sudah mengatakan “Selesai!” dan saya lihat lembar jawaban saya masih ada dua soal yang belum terjawab maka saya pilih jawaban yang saya rasa paling benar.

Setelah itu, soal berikutnya adalah tes kecepatan berhitung. Pasti banyak yang udah tau juga tipe ujian yang soalnya berisi angka dari 0-9 yang berderet acak dari atas ke bawah dan ukuran kertas soalnya itu lebar kaya Koran. Disini gue ga mengalami kesulitan, Cuma mengeluarkan tenaga lebih banyak karena sambil menahan lapar. Setelah ujian ini, seluruh peserta dipersilakan beristirahat untuk solat, makan, dll. dan kembali pada pukul 1 untuk pengumuman kelulusan ujian psikotes. Yap, hasil ujian bakalan langsung diumumin hari itu juga. Gue dan Jebe cabut ke Plaza Semanggi buat makan siang.

Setelah makan siang dan solat, kami kembali ke Atma Jaya sekitar jam 1 siang. Didepan pintunya udah banyak para peserta yang menunggu pintu dibuka.

Photo 25-03-14 13.22.56

Jam 2 siang akhirnya pintu dibuka dan kami semua dipersilakan masuk dan duduk ditempat yang sama kami tempati ketika psikotes. Setelah MC menyapa para peserta dimulailah sesi pengumuman kelulusan.

Pengumuman kelulusan ditampilkan dalam proyektor didepan panggung. Layar slide tergulung dari atas kebawah sambil dibacakan satu persatu nama-nama peserta yang lulus psikotes. Saya deg-degan juga sebenarnya. Tapi Alhamdulillah, saya lulus psikotes, begitu juga jebe. Setelah pembacaan nama peserta yang lolos selesai kami diinformasikan untuk mengikuti ujian wawancara pada esok harinya. Akhirnya psikotes carep tempo selesai dan saya pulang dengan perasaan syukur dan berdoa semoga diberi kelancaran pada wawancara esok.

 

BERSAMBUNG…

2 thoughts on “Tes Carep TEMPO (Bagian 1)

Leave a Reply

