Jangan Mengejar Sukses

Articles

Nah lho, maksudnya apa nih? Bukannya sukses itu harus kita capai dan kita harus mengejarnya terus sampai dapat, kenapa ga boleh kita kejar? Sabar, sabar, saya akan membagi pemikiran saya pada tulisan kali ini kenapa kita sebaiknya tidak perlu mengejar kesuksesan. Mari disimak.

Teman-teman, kita semua memiliki pengertian masing-masing tentang arti sukses. Ada yang mengartikannya dengan ketenaran, kekayaan yang tak terbatas, gelar akademis yang berderet, pasangan hidup yang sempurna, dsb. “Kalau saya memiliki pemasukan 10 juta per hari maka saya adalah orang sukses!”, “saya adalah orang sukses kalau memiliki pasangan hidup seorang model internasional yang cantik, baik, cerdas, dan setia!” kira-kira seperti itulah definisi sukses bagi sebagian orang. Kita begitu mengejar sukses seolah-olah sukses itu sendiri adalah sebuah titik dimana yang ingin kita tuju. Padahal sukses itu sendiri bukanlah tujuan.

Sukses adalah efek

Yap, sukses adalah sebuah efek atau akibat. Dan setiap akibat pasti ada sebabnya. Kamu tidak makan akibatnya kamu kelaparan. Kamu berlari terus menerus akibatnya kamu kecapekan dan haus. Kamu melakukan serangkaian usaha dengan MAKSIMAL dan KONSISTEN akibatnya kamu sukses. Ya, begitulah sukses. Ia hanyalah sebuah akibat dan akibat selalu terjadi secara otomatis dan alamiah.

Lalu apabila kita semestinya tidak usah mengejar sukses, apa yang harus jadi tujuan kita? Tentu saja yang harus kita tuju adalah usaha terbaik kita yang pada akhirnya akan menjadi sebab-sebab sukses. Tak perlu mengejar kekayaan, tapi berusahalah dalam menciptakan sebab-sebab kekayaan seperti menciptakan bisnis lalu menyempurnakan desain dan fungsi produk usaha kita, dan contoh lainnya yang intinya kita harus berfokus pada usaha kita.

aristotle

Kejarlah sebab-sebab tersebut dan sukses akan otomatis menghampiri kita sebagai efek dari usaha yang telah kita lakukan. Salam YOTers!

@DimasAhimsa

*Tulisan ini diambil dari halaman pribadi penulis di Young On Top.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s