Empat Manfaat Membaca Buku

Articles
04-man-reading-book-in-bed
Apa kabar teman-teman YOT, semoga sehat-sehat dan semakin bersemangat untuk meraih goals-nya ya.
Siapa diantara teman-teman YOT yang hobi membaca buku? Membaca buku itu ga hanya wajib dilakuin buat anak sekolah aja, tapi wajib dilakuin buat seluruh manusia yang ingin terus meningkatkan kualitas dirinya. Membaca buku memiliki banyak manfaat buat kita, berikut saya berikan empat manfaat membaca buku:
1. Menambah pengetahuan.
Yap, ini adalah manfaat utama dari kegiatan membaca. Dengan membaca buku kita menambah informasi dan pengetahuan baru kedalam otak kita. Dengan banyaknya informasi yang kita miliki, kita akan mudah membuat kepututsan di masa depan. Selain itu, satu buku selalu mengantar kita pada buku lainnya. Misalnya kita sedang membaca sebuah novel yang berlatar belakang zaman kegelapan Eropa, dan karena kita sangat menyukai novel tersebut kita jadi ingin mengetahui lebih dalam tentang sejarah zaman kegelapan Eropa. Setelah kita mengetahuinya kita jadi tergoda lagi untuk membaca tentang Rennaisance Eropa, dan seterusnya, dan seterusnya.
2. Stay Hungry, Stay Foolish
Meminjam kutipan dari almarhum Steve Jobs. Membaca buku apabila sudah jadi kebiasaan akan membuat kita merasa terus lapar akan pengetahuaan baru. Ada satu momen dalam membaca buku dimana yang saya dan teman-teman saya alami, dan mungkin teman-teman pernah rasakan juga yaitu ketika kita membaca buku, kita akan merasa pintar dan bodoh dalam waktu yang bersamaan. Terdengar aneh, tapi memang begitulah sensasi membaca buku. Merasa pintar karena kita merasa mengetahui informasi yang teman-teman kita tidak diketahui, sekaligus merasa bodoh karena merasa seharusnya informasi tersebut bisa kita ketahui sejak lama. Sensasi tersebutlah yang pada akhirnya menggelitik kita untuk membaca lagi buku lainnya untuk memenuhi rasa ‘lapar’ ini.
3. Menajamkan empati.
Buat kalian yang gemar membaca buku-buku fiksi seperti novel atau kumpulan cerpen, pasti selalu menemukan ada satu tokoh yang ditekan dengan serangkaian konflik cerita. Misalnya dalam satu novel ada tokoh cerita yang baru putus cinta, jadinya kesulitan move on, tidak punya semangat hidup, pada akhirnya berat badannya turun drastis, ditambah lagi adik satu-satunya yang begitu ia sayangi tiba-tiba harus dirawat di rumah sakit. Kalian yang membaca novel tersebut jadi merasa kasihan dan seperti memiliki ikatan emosi dengan tokoh tersebut. Hal seperti inilah dalam sebuah buku fiksi yang membuat kita memiliki empati terhadap keadaan orang lain. Tentu kalian sudah tahu kemampuan untuk memahami empati orang lain itu begitu penting. Saran saya, bacalah novel dari penulis-penulis yang sudah jago karena mereka piawai mengikat emosi pembaca dengan tokoh yang mereka ciptakan. Kalau kalian pengen tau hasil penelitian mengenai hubungan antara membaca karya sastra dan empati bisa dilihat disini.
4. Melatih kesabaran dan perhatian.
Orang yang gemar membaca tanpa sadar melatih dirinya sendiri untuk bersikap sabar dan penuh perhatian. Hal ini ia dapatkan dalam pengalamannya membaca satu persatu halaman buku, perlahan-lahan dan seksama hingga habis. Kegiatan menamatkan buku tentu bisa berhari-hari. Makanya tak jarang orang-orang yang gemar membaca buku biasanya lebih sabar dan penuh perhatian ketika sedang menyimak orang lain.
Begitulah empat manfaat membaca buku. Kita tidak akan membuang waktu dengan membaca buku, malah kita memanfaatkan waktu dengan baik jika kita mengisinya dengan membaca buku. Sebagai penutup saya berikan kutipan dari Haruki Murakami:
“If you only read the books that everyone else is reading, you can only think what everyone else is thinking.”
Selamat membaca buku dan tetap semangat YOTers!
@DimasAhimsa
*Tulisan ini diambil dari halaman pribadi penulis di Young On Top.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s