Tes GT Sampoerna

Event

Hari Jumat lalu, tanggal 28 Februari 2014, gue ikut tes buat GT (Graduate Trainee) Sampoerna di One Pacific Place, Jakarta Selatan. GT adalah program penerimaan kerja dari Sampoerna yang diperuntukkan bagi para fresh graduate buat digembleng lagi dan menjadi future leaders di Sampoerna.

Gue seneng banget nerima telepon dari pihak HRD Sampoerna di hari sebelumnya yang bilang kalo gue lolos tahap CV Screening ini. Gue gak nyangka karena waktu itu yang daftar buat jadi GT Sampoerna di Jobfair yang diadain di SMESCO ada banyak banget, sekitar 100an orang, dan minggu kemarin itu gue sempet jenuh sedikit karena udah ngirimin lamaran kemana-mana, datengin jobfair dimana-mana ga ada satupun yang diproses, makanya gue bahagia banget pas Sampoerna ini nelepon. Yaudah buat mempersiapkan tesnya, gue beli buku contoh soal psikotes gue baca-baca dan tibalah hari H-nya.

Acara dijadwalin mulai jam setengah 9, gue berangkat dari rumah gw di Slipi pake taksi. Begitu gue sampe Gedungnya gue duduk duu di lobby dan disitu gue ketemu Berry, temen gue anak Sastra Perancis UNPAD yang juga jadi salah satu peserta GT ini.

Setelah nunggu beberapa menit, kita disururuh naik keatas. Ternyata di gedung One Pacific Place ini cuma bagian HR Sampoerna-nya doang. Kantor pusat Sampoerna-nya sendiri ada di daerah Karet. Setelah ngisi buku tamu kita masuk kedalam ruangan semacam dining area buat dikasih penjelasan singkat tentang apa itu GT, posisi-posisi yang terseida. dan berapa lama kita akan di-train di program GT ini. Setelah semua selesai dijelasin, kita dikasih lembar jawaban dan soal yang mesti kita kerjain.

Soal ujiannya terbagi menjadi dua. Bagian pertama adalah tes critical reasoning. Kita mesti bisa nentuin kesimpulan dari sebuah wacana yang dikasih soal. Kalau di kuliah dulu, yang kaya begini sering muncul di matkul yang namanya Analisis Wacana Kritis (AWK). Di soal bagian pertama ini gue bisa ngerjain dan ga menemukan hambatan yang berarti.

Di soal yang bagian kedua inilah hambatan muncul. Soal kedua ini disebut numerical reasoning. Kita mesti bisa menarik sebuah kesimpulan dari data yang ditampikan dalam tabel ataupun grafik. Nah masalahnya, udah empat tahun di perkuliahan gue, gue ga melakukan operasi aljabar makanya gue bener-bener mengalami kesulitan di tes bagian kedua ini. Gue kerjain semampu sambil tetep merasa optimis kalau gue bakal diberikan yang terbaik olehNya.

Setelah tes selesai kita boleh pulang dan informasi penerimaan bakal diinformasiin kira-kira seminggu dari hari tes. Gue udah bahagia ngikutin tesnya. Apapun hasilnya nanti, itulah yang terbaik.

Leave a Reply

