Tes Calon Reporter

Event

Yang namanya fresh graduate, pasti bahagia tiap dapet telepon dari pihak HRD perusahaan. Termasuk gue. Hari Senin lalu, gue ditelepon sama orang HRD salah satu media cetak terkemuka di Indonesia yang kantornya di daerah Kedoya buat ngikutin skill test calon reporter. Yep, you hear me right, a reporter! Gue emang belum berpengalaman sama sekali di bidang media massa, apalagi urusan liput-meliput. Satu-satunya liputan yang pernah gue lakuin ya cuma review event yang bisa lo liat sendiri di blog gue ini. Tapi buat nyari pengalaman kerja gue pikir ga ada salahnya mencoba profesi satu ini.

Skill test ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana kemampuan jurnalistik para calon reporter. Ada 6 poin soal yang masing-masing didesain sejauh mana kemampuan kita buat menuliskan fakta, mengedit berita, dan menerjemahkan berita berbahasa asing.

Soal pertama kita dikasih liat empat kalimat dan jurnalis wajib memberikan fakta, bukan opini, maka itu di soal pertama ini kita disuruh milih kalimat mana yang lebih faktual. Setelah kita milih kalimat itu kita mesti kembangin jadi satu alinea. Di soal pertama ini gue bisa ngerjain dengan mudah.

Soal kedua kita mesti ngedit teks berita. Kita dikasih liat teks berita utuh, terdiri dari beberapa paragraf, dan tugas kita cari kesalahan di teks tersebut dan tulis kembali dengan kaidah jurnalistik dan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Gue masih bisa ngerjain ini.

Soal ketiga, kita mesti bikin tulisan berita dari makalah seminar. Ini yang paling bikin nguras tenaga. Bahan makalahnya ga main-main, sampe 10 halaman, bro! Gue baca dulu keseluruhan makalah seminarnya yang ngebahas tentang penggunaan sastra dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Untung ga susah-susah amat topiknya jadi gue bisa ngerti dengan mudah. Pas bikin beritanya ini yang bikin pegel, ada mungkin gue nulis sampe dua halaman A4.

Di tengah jalan kita istirahat dulu. Untungnya Media Indonesia ini baik banget ngasih semua peserta tesnya makan siang . Jadi gue makan dulu, ngobrol sana-sini sama peserta tes yang lain, solat, relaksasi pergelangan tangan sebentar, trus lanjut lagi.

Setelah gue selsaiin soal ketiga, gue berhadapan dengan soal keempat. Di soal keempat, kita disuruh bikin satu berita dari tiga liputan berita dari koran asing. Ga susah sebenarnya. Yang susah adalah guenya yang udah mulai ngantuk dan capek jadinya susah fokus. Jadi gue bikin sekedarnya aja. Dan ini terus berlanjut sampe gue ngerjain soal kelima dan keenam. Udah cape, ngantuk, mana buat ngerjain berita gitu mesti baca dulu yang bikin kit amesti fokus, sayangnya itu bukanlah jam-jam fokus buat gue.

Sebenernya soalnya gampang dan bisa dikerjain dengan santai, kalo dikumpulinnya keesokan harinya dan dikerjain pake komputer! Lha ini cuma dikasih 6 jam, udah gitu ngerjainnya pake pulpen sama kertas. Tapi gapapa lah, toh gue udah berusaha semampu gue. Kalo keterima sukur engga juga gapapa.

Advertisements

2 thoughts on “Tes Calon Reporter

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s