Review ‘Notes from Qatar 2’

Book Review, Review

Buku ini merupakan kelanjutan dari catatan-catatan Muhammad Assad selama ia berkuliah S2 di Qatar yang berjudul Notes from Qatar. Namun, berbeda dengan Notes from Qatar yang mengusung slogan 3P: Positive, Persistence, Pray, slogan buku sekuel ini yaitu 3H: Honest, Humble, Helpful.

Ada banyak cerita seputar kehidupan mas Assad selama berkuliah di Qatar yang menarik disimak di buku ini. Seperti pengalamannya menjadi wakil Indonesia di G20 Youth Summit yang hampir batal karena penulis merasa terlalu percaya diri ketika meng-apply Visa. Lalu cerita mas Assad yang menemani pak Rachmat Gobel di salah satu pusat perbelanjaan mewah di Qatar ditraktir satu jas seharga motor.

Di buku ini, mas Assad masih menggunakan resep yang sama seperti prekuelnya: menyelipkan hadist atau ayat Al-Qur’an di topik yang sedang dibicarakan. Hal ini membuat setiap bahasan terasa lebih mengena di kalangan pembaca muslim. Tapi bagi pembaca yang bukan muslim tidak perlu khawatir soal ini, karena hadist dan ayat Al-Qur’an yang diselipkan disini bersifat universal, jadi bisa diaplikasikan oleh siapapun.

IMG_3237

Selain cerita-cerita dari kehidupan mas Assad ada juga kumpulan cerita dari para pembaca setia yang mengalami berbagai kelimpahan rezeki setelah bersedekah. Semua cerita ini diberi judul ‘Sedekah Super Stories’ (SSS).

Kisah-kisah di SSS ini banyak sekali yang ‘membakar’ saya untuk sedekah lebih gila-gilaan. Memang benar berbagi itu menyehatkan, dan harta yang kita keluarkan saat sedekah tidak pernah berkurang, melainkan bertambah berkali-kali lipat.

Akhir kata, buku ini bagus dan memotivasi saya untuk menjadikan sedekah sebagai gaya hidup dan menjadi manusia 3H: Honest, Humble, Helpful.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s