Review Buku Spiritual Creativepreneur

Book Review, Review

Judul : Spiritual Creativepreneur

Penulis : M. Arief Budiman

Tebal : 218 Halaman

Penerbit : Metagraf

Cetakan Pertama : Mei 2012

Genre : Nonfiksi/Motivasi Bisnis/Motivasi Islam

Ditengah banyaknya buku-buku motivasi bisnis yang notabene merupakan impor dari Amerika, M. Arief Budiman menghadirkan oase dengan bukunya yang berjudul Spiritual Creativepreneur ini. Buku ini menghadirkan motivasi dan ide-ide segar yang ternyata tidak perlu dicari dari luar karena ia sudah ada dari dalam diri manusia itu sendiri.

 

IMG_2802

Buku ini sudah membuat saya kagum sejak bab “Prolog: Sekaranglah Waktunya.” M. Arief sangat piawai menyusun kata sehingga sayapun ikut “terbakar” oleh gelora semangatnya melalui tulisan di bab ini. Disini M. Arief memberian pendahuluan tentang kemunduran umat Islam pada saat ini (tahun 2012) di berbagai bidang seperti teknologi, inovasi, kreatifitas, ekonomi, dan sebagainya. Belum lagi persoalan agama universal ini yang kian dicap sebagai agama kekerasan, teroris, dan intoleran. Selanjutnya dijelaskan apa itu creativepreneur serta geliat pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia. Pada bagian akhirnya M. Arief mengajak saya, dan pembaca lainnya untuk ikut terjun dalam pembangunan bisnis, terutama bisnis kreatif dengan berpegang teguh pada prinsip-prinsip keislaman.

Sejujurnya, ini adalah salah satu buku motivasi terbaik yang pernah saya baca. Banyak pemahaman-pemahaman bagus yang saya dapatkan dari buku ini, dan yang paling bikin saya terkesan adalah lima kunci sukses bisnis yang berasal dari lima rukun islam. Ini konsep paling menarik, kenapa? Karena saya hapal dan paham betul rukun Islam sejak TK (taman kanak-kanak) tapi tidak pernah menyangka maknanya sedalam apa yang M. Arief tulis di buku ini. Silakan baca sendiri bukunya biar lebih jelas. Selain itu, buku ini juga banyak menyajikan pengalaman nyata dari berbagai sumber termasuk M. Arief sendiri sehubungan dengan praktek dari lima kunci bisnis ini. Dari sekian banyak kisah nyata didalam buku ini yang paling bikin saya takjub adalah cerita tentang M. Arief yang kelimpungan dengan jadwal meetingnya setelah shalat lima waktu on time, jadwal meetingnya tersebut menjadi mudah dilaksanakan. Sangat sulit dipercaya.

Satu hal yang menurut saya kurang dari buku ini adalah cover-nya. Saya tidak paham kenapa buku motivasi bisnis dan islam ini mempunyai cover seperti buku panduan olahraga. Cover bukunya berlatar warna hijau dengan font judul berwarna putih dan tagline dengan warna hitam. Tipografinya sudah menarik menurut saya, namun gambar kaki dengan sepatu lari ini membuat saya mengira ini adalah buku panduan olahraga.

Overall, buku ini sangat saya rekomendasikan. Ilmu-ilmu Islam yang diracik didalam buku ini bisa menambah pemahaman mengenai Islam sebagai way of life serta nafas dari bisnis yang sedang atau akan anda bangun. Terima kasih.

Leave a Reply

