Review Buku Make Today Count

Book Review, Review

20130706-205559.jpg

Judul : Make Today Count (Buatlah Hari Ini Bermakna)

Penulis : John C. Maxwell

Penerbit : MIC

Tebal : 216 Halaman

Cetakan Pertama : Desember 2012

Genre : Nonfiksi, Motivasi

Di buku ini, John C. Maxwell menawarkan 12 aspek hidup yang jika keduabelas ini dapat anda penuhi setiap hari maka hari anda sangat bermakna. Kedua belas aspek ini diberi nama The Daily Dozen yang diracik sendiri oleh John selama berkarir menjadi pembicara dan motivator.

Sebenarnya, The Daily Dozen ini bukanlah hal baru, banyak buku motivasi lain yang memfokuskan beberapa aspek dari The Daily Dozen John ini, namun karena buku ini ukurannya kecil dan pas di saku The Daily Dozen jadi terasa seperti sebuah panduan praktis yang dibaca kapanpun. Tinggal keluarkan dari kantong baju anda dan voila!

Motivasi saya membeli buku ini memang untuk membuat hari saya bermakna. Terkadang saya merasa menjalani hari yang kosong dan monoton. Seperti tidak ada perubahan, tidak ada kemajuan, layaknya tahanan yang menunggu hukuman mati. Setelah baca buku ini saya mencoba mengaplikasikan semua hal dari buku ini. Saya mencatat The Daily Dozen di handphone saya sebagai panduan. Jadi setiap saya merasa tidak melakukan apapun saya cek hape untuk mencari tahu “apa yang saya bisa lakukan hari ini?” dan saya selalu menemukan jawabannya dari The Daily Dozen ini.

Kekurangan dari buku ini saya rasa ada di penerjemahannya. Ada beberapa kalimat yang saya tidak mengerti apa maksudnya, walaupun saya sudah membacanya berulang-ulang tetap saja tidak mengerti. Susunan subjek, predikat, objeknya terlalu membuat saya bingung sehingga akhirnya saya melewatkan bagian itu dan lanjut ke bagian berikutnya.

Karena buku ini bersifat panduan praktis jadi pembahasan di tiap babnya terasa kurang dalam, namun tetap bisa dimengerti apa poin dari bab tersebut. Buku ini cukup bagus dan saya rekomendasikan kepada siapapun yang mengalami persoalan yang sama seprti saya diatas. Semoga hari-hari anda menjadi lebih bermakna. Terima kasih.

Leave a Reply

