Tips Beli Buku

Articles

Pernahkah suatu hari teman-teman pergi ke toko buku yang buku-bukunya masih disegel plastik semua? Dan ketika temen-temen beli buku yang kalian pikir menarik, tapi ketika dibaca dirumah hasilnya mengecewakan? Tenang, itu adalah kali terakhir kalian mengalaminya, karena sekarang saya bakal kasih tips beli buku biar kalian ga kecewa lagi setelah beli buku.

1. Know the Author

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika muncul dorongan untuk membeli sebuah buku adalah perhatikan siapa yang menulis buku tersebut. Biasanya pengarang yang sudah cukup terkenal akan mengambil tema yang sama dalam setiap buku-bukunya, contoh: Raditya Dika, cerita cinta dan komedi; Agatha Christie, cerita misteri. Apabila kalian pernah membaca dan suka dengan karya dari penulis tersebut, besar kemungkinan kalian akan suka juga dengan karya-karya lainnya.

2. Baca Resensi atau Review

Kalau kalian asing dengan nama penulisnya, ga ada salahnya kalian buka web buat nyari tau tentang biku tersebut. Di zaman dimana internet bisa ditemuin dimana-mana ini sangat mudah buat nyari review sebuah buku. Salah satu web kesukaan saya buat nyari review dan rating buku adalah goodreads.com. Dengan membaca review dari pembaca-pembaca lain minimal kalian jadi tau seberapa menarik buku itu, buku tersebut membahas atau bercerita tentang apa, dan apakah kira-kira kalian akan menyukainya.

3. Don’t Judge Book by Its Cover!

Yep, ungkapan ini udah sering kalian dengar. Jangan beli buku karena kalian pikir covernya menarik. Pengalaman saya , desain sebuah buku ga menjamin kualitas isi sebuah buku. Justru yang banyak saya lihat, kebanyakan buku yang menarik dan berisi desain bukunya biasa saja.

4. Manfaat Buku Tersebut

Ini salah satu yang harus diperhatikan tapi sering diabaikan, manfaat buku itu dalam kehidupan dan cita-cita kita. Misalnya, jika kamu ingin menjadi seorang peternak ayam membeli buku seputar cara beternak ayam akan menjadi investasi yang sangat baik, tapi apabila kita ingin menjadi petinju agaknya buku semacam itu tidak akan berguna buat kita. Sadari juga topik bacaan apa yang gemar kita lahap.

5. Cicipi Dulu

Di toko buku besar biasanya ada satu buku yang segelnya memang sengaja dibuka oleh pihak toko agar calon pembeli bisa membaca buku tersebut. Lihat topik apa yang dibahas, bagaimana cara penulisannya. Atau kalau mau lebih cepat lihat daftar isinya, kalau memang sesuai dengan apa yang kalian cari maka langsung bawa buku tersebut ke kasir.

Sekian tips dari saya soal membeli sebuah buku. Semoga setelah membaca tips-tips tadi kalian tidak lagi merasa kecewa setelah membeli buku.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s