Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin

Book Review, Review
Novel ini menceritakan tentang Tania, gadis pengamen jalanan yang memendam perasaan cinta kepada seorang pria paruh baya yang usianya sekitar 10 tahun lebih tua darinya yang bernama Danar. Seiring berjalannya waktu cintanya kepada Danar ini semakin besar dari yang sekedar cinta adik kepada kakaknya menjadi cinta kepada pria yang dewasa, mapan, kuat.
Tere-Liye menulis dengan gaya yang khas seperti di novel-novel ia sebelumnya (Hafalan Surat Delisha, Moga Bunda Disayang Allah). Santun, romantis, emosional,  dan menggunakan majas seperlunya. Mudah dipahami dan menyerap sampai ke hati (deuile lebay amat).
Novel ini menggunakan alur maju-mundur yang dikemas dengan sangat baik. Pada awal cerita diceritakan Tania dewasa yang sedang berdiri sambil menatap keluar jendela sebuah toko buku terbesar di kotanya lalu pembaca dibawa ke beberapa penggalan pengalaman hidupnya, ini bisa bilihat dari judul dari tiap chapter yang menggunakan keterangan waktu saat ini dalam cerita sebagai judul chapternya, kaya misalnya di chapter awal “Pukul 20.00: Saat Semuanya Berawal” dan seterusnya sampai chapter terakhir. Buat yang mau baca buku ini kayanya mesti punya daya perhatian ekstra biar ga bingung mahamin plotnya yang maju-mundur. Gue sendiri harus sempet baca berulang-ulang pas ada cerita yang lompatnya jauh.
Overall, novel ini bagus dan buat yang suka sama novel dengan tema kekeluargaan dan percintaan gue saranin masukin novel ini di salah satu bacaan wajib kalian. Pelajaran yang gue dapet dari novel ini yaitu “Jujurlah dengan apa yang kamu rasakan kepada orang lain, jujurlah meskipun itu menyakitkan.”
Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin
Penulis: Tere-Liye
Terbit: Juni 2010
Genre: Novel; Romance
My Rating: 9/10
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s